Rencana Induk Pengembangan E-Government

egov-four-pillars

Dalam rangka pengembangan E-Government di tiap instansi pemerintahan, perlu disusun Rencana Induk pengembangan. Rencana Induk ini semacam blueprint pengembangan E-Government dari rentang waktu yang ditentukan. Penyusunan rencana induk ini disesuaikan dengan keadaan yang ada di pemerintahan setempat. Tentunya ada pedoman yang telah ditentukan. Penyusunan rencana induk memerlukan analisis yang tepat dengan disertai konsep yang matang serta rencana implementasi yang implementatif. Tentunya semua mengacu pada sumberdaya yang ada. Khususnya sumber daya manusia.

E-Government hanyalah tool atau alat yang digunakan untuk membantu mempermudah menyelesaikan suatu pekerjaan pada pemerintahan. Pada masa sekarang, E-government menjadi tren dan gaya baru dalam pemerintahan. Pemerintah pusat maupun daerah berlomba-lomba berkreasi mengembangkan sistem e-government.

Namun, disadari atau tidak banyak yang tidak efisien. terutama tentang metodologi pengembangannya. Tentang ini akan saya bahas di waktu lain.

Tentang penyusunan rencana induk pengembangan e-government, disini ada pedoman penyusunannya. Silahkan didownload DISINI. Semoga Bermanfaat..

Selamat dini hari menjelang pagi…..